KURIKULUM

KEGIATAN MONTESSORI

1.    AREA KETRAMPILAN HIDUP

Kegiatan di area ini dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri, mandiri, konsentrasi, citra diri, keterampilan motorik halus, koordinasi mata dan disiplin pada anak. Area ini juga merupakan pondasi yang kokoh bagi anak untuk keempat area lainnya. Pada area ini, anak-anak diberi kesempatan untuk meniru apa yang biasanya dilakukan orang dewasa,  seperti mengikat tali sepatu mereka, menyapu, mengepel, menuang air, memindahkan biji-bijian dari mangkuk satu ke yang lainnya dsb.


2. AREA SENSORIAL

Suatu area di mana kegiatan diciptakan untuk memberikan stimulasi sensorik, yang akan menjadi dasar bagi perkembangan intelektual. Praktek di daerah ini memastikan anak-anak menggunakan semua panca indera untuk mengenali lingkungan mereka. Anak-anak dapat belajar untuk menilai, diskriminasi dan membedakan dimensi, tinggi, berat, warna (warna individu dan gradasi), suara, bau, tekstil serta mengembangkan bahasa dan kosa kata.


3. AREA MATEMATIKA

Area ini mendorong anak untuk mengembangkan konsep mereka mengenai matematika yang kongkret (benda nyata) menuju matematika yang abstrak (angka  dan simbol di atas kertas). Anak-anak diajarkan untuk melakukan pencocokan gambar, menyortir dan menyusun, sebelum beralih ke tahap berikutnya yaitu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian


4. AREA BAHASA

Kegiatan di area ini diciptakan untuk mengembangkan kemampuan anak-anak dalam  berbicara, mendengarkan, menulis dan ketrampilan membaca dengan menggunakan metode fonetik. Anak-anak didorong untuk mengekspresikan diri secara verbal dan diajarkan untuk melacak dan mengenali huruf untuk belajar membaca, mengeja, tata bahasa dan keterampilan tulisan tangan. Material untuk bahasa tulis adalah huruf-huruf yang dapat dipindah-pindah, kemudian  anak dapat mulai menulis kata, kalimat dan cerita keseluruhan, menggunakan bahan ini.


5. AREA SAINS DAN BUDAYA

Kegiatan di area ini diciptakan untuk mengembangkan kesadaran dan penghargaan terhadap sesama dan lingkungan. Anak-anak diperkenalkan untuk belajar geografi,  sejarah, botani  dan ilmu pengetahuan sederhana lainnya, seperti kehidupan tumbuhan dan hewan, serta percobaan sederhana tentang Ilmu Pengetahuan Alam.

Kelima area ini saling terkait satu sama lain dan diperkenalkan kepada anak secara bersamaan. Seorang anak tidak perlu menguasai satu area tertentu, sebelum pindah ke area lainnya.  Bagaimana pun, EPL dan Sensorial merupakan area mendasar dibandingkan area lainnya. Begitu juga ada beberapa latihan yang perlu dikuasai dulu oleh seorang anak, sebelum memahami kegiatan di area Matematika dan Bahasa

KEGIATAN BERKELOMPOK

1. PENGETAHUAN AGAMA ISLAM

Agama Islam diperkenalkan kepada anak-anak dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari mengucapkan salam, basmallah, hamdallah, doa-doa harian dan praktek shalat tiap hari (dhuha, dzhuhur dan ashar). Khusus di hari Jumat, pengetahuan agama Islam dialokasikan dalam bentuk kegiatan kelompok seperti baca tulis Al-Quran, dongeng tentang agama, menonton film pendidikan Islam, bahasa Arab dll)Dalam 1 term (3 bulan), anak-anak akan dibimbing untuk menghafalkan 1-2 surat, dibaca dan diulang setiap sedang berkumpul di Circle Time. Surat tersebut akan dikupas tuntas dalam sesi pengetahuan agama dari mulai hafalan artinya dan sejarahnya serta penjelasan arti dari sudut bahasa anak. Tujuannya agar anak tidak hanya cakap dalam hafalan surat, tapi lebih dari itu mereka diharapkan mengerti esensinya dalam kehidupan sehari-hari.

2. KEGIATAN SENI & KETRAMPILAN

Secara berkelompok, anak-anak diberi kesempatan untuk berekspresi dan berkreasi melalui seni, ketrampilan tangan, musik dan tari, memasak dll. Berbagai media penunjang disediakan seperti cat air, tanah liat dll.

3. KEGIATAN FISIK

Setiap hari anak-anak diberikan kesempatan untuk mengembangkan ketrampilan motorik kasar dan halus, salah satunya dengan melalui kegiatan permainan ruang luar dan fieldtrip, sehingga anak-anak menjadi akrab dengan lingkungan luar

4. PENGENALAN BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan di BINTANG WAKTU DAYCARE . Tetapi bahasa Inggris dikenalkan kepada anak-anak sejak dini,  seperti sapaan, kata benda, huruf/angka, warna dan percakapan sederhana
Leave a comment

Tinggalkan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a website or blog at WordPress.com

%d bloggers like this: